Monday 22 June 2015

MIAFORGINAL : The Ramadhan of The Riset (episode 6)

Orang Biasa vs Orang Populer
Sering kali Indonesia di kejutkan dengan sesuatu yang tak biasa dari keaktivitas manusia yang selalu alami saat itu. Namun rupanya banyak yang memilih mana yang sukses dan mana yang nggak? Itu semua hanya jawaban dengan sendiri. Menurut gue sendiri saya tidak suka kalo uang itu hanya di pakai dengan sia-sia. Coba aja pelajaran ekonomi bab manajemen, kalo manusia di manfaatkan dengan uang maka engkau menghemat apa yang kau lakukan terhadap keinginan sendiri. Lain hal dengan orang popular, sudah pertama kali memancing perhatian di televisi, layak engkau artis bintang yang selalu terkenal. Banyak banget harta yang harga lebih mahal membuat masyarakat melakukan nafkah demi uang dari pada berfoya-foya. Orang biasa dengan orang popular menjadikan prinsip sejarah sejak Indonesia merdeka saat ini. Dulu kan orang yang belum mengenal teknologi. Oleh karena itu warga di manfaatkan dengan cara tersendiri sejak dulu yang ia mengenang sepanjang masa.
            Sedangkan orang yang menjadi trendi ini di kenal pada zaman romawi kuno. Coba bayangkan alat-alat hasil kebudayaan romawi ini di kembangkan menjadi zaman sekarang. Tak karuan manusia tidak melakukan ritual khusus bagi zaman yang tak di ketahui itu. Hanya sekecil pun yang menentukan alat modern menjadi bahan debat para politik itu. Kalo gue sebenarnya orang yang memakai perhiasan yang berlebihan di sebabkan oleh melanggar etika setempat. Dan justru membawa kesialan bagi siapa yang engkau dosa.
            Orang biasa dan orang popular ini menjadikan kebudayaan kebiasaan terhadap masyarakat. Kadang-kadang di zaman sekarang ini marak di minati oleh wadah kehidupan. Waktu periksa pada akhir waktu nanti akan menanyakan amalan yang engkau terima selama engkau hidup di dunia, dan lebih parah lagi ia tidak bisa berkomunikasi dengan orang yang hidup di dunia selama-lamanya. Mari kita jelaskan perbedaan pada orang biasa dengan orang popular versi gue sendiri.
Orang biasa ini merupakan suatu orang yang dimana kita memahami dengan interaksi di dunia luar. Biasanya manusia yang lahir menjadi bayi butuh belajar berkehidupan pada masa mengenal dunia sekitar. Sering pula orang biasa ini akan memerlukan tenaga dan ekstra ketat untuk mendapatkan penghasilan. Orang biasa berbagai macam-macam dari aspek kehidupannya.
Yang pertama orang biasa terhadap kebudayaan adat. Seolah-olah kota yang dulu ada kisah rakyat ini menjadi bahan kebiasaan pada masyarakat sekitar. Ia percaya bahwa pada zaman adat yang pernah kau alami sering membawakan makhluk astral yang tak kasat mata. Begitu ia melakukan ritual tersebut para warga juga menghargai ritual yang bertujuan untuk menciptakan kedamaian serta menjaga kota lestari tersebut. Menurut gue orang yang menjadi saksi adat ini membawa peraturan yang sesuai dengan syariat kisah terhadap tuhan yang maha esa. Orang biasa dengan mengunakan adat dan calon tinggal dengan kebiasaan adat tersebut akan menentukan bagaimana sih orang yang mampu bekerja sesuai dengan keinginan manusia. So tak hanya mengadakan ritual saja. Namun juga memercayai bahwa tradisi ini menjadi masa mengenang raja dan berbagai tokoh yang ia pernah mempelajari ilmu adat di seluruh Indonesia.
            Yang kedua orang biasa terhadap keagamaan. Tak semudah orang biasa pada bidang agama juga sebagai kepercayaan kepada tuhan yang maha esa. Seiring dengan keagamaan banyak orang melakukan tradisi sesuai dengan ajuran para nabi SAW serta meminta doa kepada tuhan lewat langit dan bumi. Tujuannya doa dalam langit dan bumi untuk memperlihatkan bagaimana hasil impian yang engkau di sana. Tempat tersebut itu menurut kerpeercyaan masayrakat dalam kebiasaan sejak pada zaman keislaman si seluaruh nusantara. Tahap demi bertahap semua yang pimpinan tokoh ia sudah meninggak maka engkau akan menghormati adat islam sesuai dengan keinginan dan kepercayaan tergantung dari kitab yang di turunkan kepada tuhan yang maha esa. Maka dari itu ada yang membedakan agama dengan kebiasaan adat. Cakapan dengan tuhan juga menjadi golongan-golongan yang bisa kau menjadikan factor dan kebudayaan agama tapi beda maksud dan tujuan. Berikut kebiasaan yang menurut agama mereka.
            Yang pertama Kebiasaan pada agama islam. Tak hanya orang yang menjadi ketentuan masyarakat namun juga memercayai kepada allah swt. Orang muslimin pasti rela melakukan kerja demi mencukupi nafkah kita. Sedangkan orang muslimah melakukan kebiasaan di rumah entah wanita kodrat (orang yang tidak boleh keluar rumah) maupun wanita mempunyai cita-cita selalu ke dalam kemampuan dari manfaat doa yang di panjatkan oleh allah swt. Sehingga doa ini menjadi para mujarab sekaligus menghilangkan penyakit dengan obat yang sering engkau lakukan ketika hendak ia sholat. Sholat itu tiang agama, tak hanya tiang agama namun juga menyembuhkan segala macam penyakit. Baik medis maupun non medis.
            Yang ke dua Kebiasaan pada agama Kristen dan Katolik. Selain kebiasaan pada agama islam, ada juga kebiasaan yang di lakukan oleh gereja setempat. Memang gereja ini sebagai tempat ibadah bagi umat protestan dan katolik pada tiap hari minggu (yang ada menetapkan hari merah tersebut) bukan setiap hari. Kebiasaan ini mulanya berasal dari Isa Al-Masih (Yesus Kristus). Isa ini mati sejak membunuh para romawi, dan kaum orang yang memercayainya tersebut tidak sengaja seperti orang yang di beritakan bawakan oleh kematiaan isa itu dan ia di salibkan di atas langit yang sangat murka, di temani dengan paku yang menginjak seluruh tubuh yang bergerak (tangan dan kaki) kalo bagian kemaluan di tutupi dengan kain biar nggak telanjang. Para kaum protestan tetap berdoa kepada tuhan semoga Isa ini membawa kedamaian dan juga menjaga kelestarian manusia di alam semesta. Nama tuhan Isa Al-masih, Amin’ itu ucap seseorang yang sengaja menyembah kepada Isa. Lain hal dengan kepercayaan katolik. Ya Bunda Maria merupakan istri dari Isa Al-masih. Pada zaman Isa itu bunda ia memanfaatkan dengan jengukan dengan Isa. Ia tahu keberadaan mati di dalam salib menjadi suatu saksi tuhan. Dan para bunda maria tak punya pilihan maka Maria akan mendoa kepada isa semoga ia bangkit dari siksa salib yang sudah mati beberapa waktu yang kita lakukan. Justru gue kitab ini menjadikan satu perjanjian itu. Oh ya kitab Injil ini mempelajari kisah lahir isa hingga Isa meninggal di padang salib, kitab ini tebal banget cuman orang yang ahli memecahkan sejarah dalam perjanjian lama maupun baru.
            Namun di balik ibadah pada protestan dan katolik ini berbeda dengan ajaran. Katanya teman SMP yang agama Kristen ‘ibadah agama Kristen dan katolik ini beda dengan ajarannya, namun kitabnya agak sama dan doanya juga sesuai dengan pendeta dan room di gereja tersebut.’ Ia meneliti bahwa tiap warga yang ingin berdoa sesuai dengan syariat Isa dan bunda maria, tetapi tergantung waktu ibadah di gereja. Kecuali ada hari besar bagi umat non muslim. Sehingga ia bertujuan untuk memercayai ada kebersamaan dan berbagi dalam mencapai toleransi.
Yang ketiga kebiasaan pada agama non islam dan Kristen. Di luar dugaan agama lain dan tempat ibadah yang kita cintai ini sebenarnya menurut tuhan mereka. Bukan cuman murtad atau ganti agama. Kita juga membiasakan maksud dan tujuan memohon ampun kepada tuhan mereka dengan doa. Dari doa ini membuat orang yang lebih tenang di bandingkan dengan keyakinan mereka. Agama lainnya ini mula dari sejarah mengenal kehidupan hindu budha dan mengenal peradaban kuno di dunia. Gue meneliti bahwa sebagai nilai agama yang tinggi kita harus menjaga warisan pada tuhan yang maha agung agar bisa membawa kesuburan dan keberkahan selalu menemani hingga akhir waktu. Tatkala juga waktu ibadah tergantung dari kepercayaan mereka. Karena memang di bedakan menjadi tiap hari tertentu dari jam. Tak lupa hari minggu kan sebagai minggu ibadah selain islam.
            Orang biasa yang ke tiga yaitu orang biasa menurut pekerjaan dan penhidupan yang layak bagi manusia. Orang yang melakukan pekerjaan mulai pagi sampai sore akan mendapatkan rejeki dari tuhan, agar penghasilan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti bidang tertentu akan membangun strategi yang mencapai tinggi di bidang ekonomi masyarakat dan sekaligus menjadi para saingan yang ingin menguasai barang-barang yang berasal dari luar dan dalam negeri. Setidaknya kau membatasi uang seperti emas yang engkau hisab. Dan di lihat dari biaya proposal hidupnya, dan yang paling penting ia membuat skala prioritas untuk melakukan penghitungan uang yang dapat di hasilkan (mungkin orang HRD-an). Sedangkan pada non HRD ini ada sebagaian besar tinggal di kampong mereka masing-masing. Ia bekerja sambil memandang trik matahari membuat para pekerjaan ini semangat pengabdian dalam kehidupan sehari-hari. Namun hasilnya lebih bangga dengan uang penghasilan tersebut. Namun inti gue adalah maksimalkan uang itu sebelum jatuh tempo, kalau ia melewati jatuh tempo maka orang ini akan membawakan masalah yang ia hadapi.
            Orang biasa yang ke empat yaitu orang biasa meluangkan maksud dan tujuan dengan komunitas atau organisasi setempat. Mungkin organisasi ini menjadikan momentum dalam sejarah. Namun biasanya orang yang sering ikut dalam organisasi ini juga menjadikan sarana dan prasarana untuk membangun karakter ia di raih. Dan juga serta mengabungkan tali persaudaraan dari satu dan yang lainnya. Orang yang ingin ikut dengan organisasi tertentu kita mematuhi syarat dan berlaku, terus menentukan visi dan misi, lalu mempunyai maksud dan tujuan yang di capai, dan setelah mendaftar biasanya ia bergabung pada waktu yang sama.
            Orang biasa yang ke enam yaitu orang biasa yang mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu ini hokumnya wajib bagi seluruh umat muslimin dan muslimat (menurut hadist). Ilmu ini di lakukan mulai dari lahir sampai ke akhir waktu. Ilmu tak ada batas. Semua ilmu yang berikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan sekaligus bisa menyampaikan ilmu kepada orang lain. Kita harus berani berangkat dari rumah hingga ke tempat ilmu yang berikan hingga sore hari. Semuanya seru banget tapi jangan sampai salah pilih. Jika ada ilmu hitam maka ia akan menyebabkan resiko dan membawa rahasia kematian secara langsung. Agar ingin mencapai derajat ilmu. Syaratnya kita menonton kajian dan seminar di media baik tv maupun media lainnya. Sehingga bisa kemungkinan untuk menerima jalan menuju jalan kebenaran yang engkau pantas menjadi orang yang bertaqwa. Tak hanya ilmu saja, tapi ada orang yang menunjukkan keterampilan dan ketekunan dalam menghasilkan karya milik bangsa. Selain itu kita juga mengambil cita-cita yang engkau impikan akan menjadi metode jurusan masing-masing saat kuliah maupun kerja. Gue di sarankan ambil saja jurusan sesuai kau yang suka.
            Orang biasa yang ke tujuh yaitu orang biasa yang berdasarkan kejelekan terhadap kehidupan. Kejelekan ini menjadi factor kemalasan bagi manusia. Sering kali di kota tersebut banyak kejadian yang sengaja maupun tidak sengaja. Di berita ini ada salah satu terjadi di sekitar lingkungan anda. Anda bayangkan orang Israel yang membunuh agama islam mencapai ratusan ribu orang. Padahal Israel ini menjadi kota kesengsaraan dengan maksud untuk merebut kekuasaan. Kalo gue sekiranya kasihan banget penderitaan yang sering alami ini menganggap orang hina dalam menghancurkan suasana hidupnya. Yang paling menyeselin itu ketika malam hari di manfaatkan dalam kegiatan yang begitu jelek. Preman ini menyebarkan kebiasaan itu mulai pergaulan bebas, sering merokok, kata-kata yang kurang bermanfaat dan paling parah adalah orang yang bernilai dosa yang tinggi. Di akhirat juga nanti akan membalas dendam kepada orang yang azab dengan begitu pedih kayak matanya di kucek-kucek dan penderitaan itu.
            Orang biasa yang terakhir yaitu orang biasa dalam terjun dalam bidang politik. Biasanya bukan orang popular dan sebagainya. Sebagai jiwa yang politik kita di upaya sesuai dengan peraturan yang kita lakukan di tempat ia bekerja dan biasanya menjadi para penjabat dan sebagainya. Orang biasa di bidang politik jarang narsis di media massa. Namun ia memanfaatkan dengan problematika kota dan bagaimana mengancam krisis Negara yang saat ini mengalami masalah yang ia hadapi. Satu persatu akan menjelaskan semua yang akan lakukan. Di akhir waktu ada seseorang yang tidak bisa melanjutkan tugas Negara. Apalagi banyak maka di selesaikan secara kebersamaan saat berada pada padang keadilan dalam kubur.
Orang biasa yang lainnya juga termasuk salah satu kemudahan yang bisa anda ambil. Intisari ini akan membawakan masa-masa biasa yang sering kita lakukan untuk mencapai aspek kekeluargaan dan sekaligus dengan keagungan yang masa kita milik kita bersama. Dan juga maksud dan tujuan akan mempertahankan hidupnya demi kewujudan Negara yang ingin menjadi orang biasa menjadi luar biasa. Bagus banget juga ya. Sedangkan yang kita di bicarkan oleh banyak orang adalah orang popular. Jarang sekali ada orang yang popular yang ingin trend di depan orang membuat para fans menjadi situasinya berubah. Ada yang kagum, gila, menggiurkan, membuat yel-yel dan ucapan lainnya yang bisa di bilang menjijikan banget. Orang popular ini berdasarkan pada media, orang yang ingin tampil mempesona dan jika ingin membahara di depan orang maka ia makin membaur dengan situasi yang sekiranya akan menjadi bahan konflik di masyarakat. Dan macam-macam orang yang popular berdasarkan kehidupan dan maksud tujuan seperti apa. Mari kita jelaskan bersama-sama!
Yang pertama Orang yang popular berdasarkan seseorang yang ingin menjadi artis atau terkenal. Prinsipnya bagi artis pemula ini cara yang di lakukan dengan cara tersendiri dengan sesuai dengan petunjuk ia lakukan, lalu begitu ia menyebarkan di social media akhirnya banyak sekian melihat video yang jumlah like nya banyak, dan pengunaannya semakin banyak. Menurut gue ‘boleh sih menjadi popular asal jangan berlebihan. Kalo jadi artis yang berlebihan maka akibatnya di protes kecil maupun besar’ jadi pada dasarkan tunjukkan kemampuan yang ingin menjadikan popular dan jangan engkau jadi miskin. Jadi miskin ini akan tidak akan jadi terkenal dan kehilangan semua apa yang engkau lakukan.
Yang kedua Orang yang popular yang mengungkapkan lisan baik dalam kehidupan maupun yang isu-isu nggak jelas. Orang yang popular dengan mengucapkan lisan terhadap media tentu bisa merekam pengetahuan pada masyarakat. Dan kadang kali juga orang yang ingin menjadi pembicara dalam seminar dan sebagainya juga bisa tapi asal membawakan materi yang ia berikan. Yah tak menyangka lisan yang kau bicarakan ini akan menjadi sesuatu menjadi bahan pokok pembahasan di media. Dan jika ada isu-isu nggak jelas sehingga di sebabkan ada konflik keluarga artis dan lainnya akan di tangkap oleh lembaga tersebut namun sesuai dengan lisan yang kita ucapkan berdasarkan studi kasus. Dan agar lisan lebih tenang caranya jangan bicarakan ke media atau bisa berbagi obrolan dengan kampong sebelah jika ia jarang artis-an.
Yang ketiga Orang yang popular yang memperhatikan nilai harta. Banyak harta yang di koleksikan. Seandainya harga ia engkau belikan akan lebih mahal di bandingkan dengan harga normal namun permintaan lebih banyak sih. Pengunaan barang yang mewah ini di gunakan ketika ada acara di media. Dan seolah-olah gue sih barang yang ia gunakan kebanyakan artis yang tidak berkerudung, sungguh sadis banget kalo melihat wanita seksional yang menampilkan kecantikan (jangan di lihat nanti malah berbicara baur mesum belaka ihihih…….) dan intinya barang ini tetap di jaga. Dan lebih parah jika ada masalah keuangan maka ia akan menhanguskan uang dan harta ia kenakan di ambil oleh orang biasa. Jadi di jaga barang lain kali menjadi koleksi anda. Dan apabila ia meninggal maka harta akan di lelang atau di sumbangkan kepada orang yang kurang mampu.
Yang Ke empat Orang yang popular karena busana dan gaya yang ia kenakan. Ia selalu banyak baju, celana, sandal dan sepatu yang selalu ia mengenakan ketika ia keluar dari rumah atau janjian. Tujuannya untuk menutup seluruh tubuh kecuali wajah. Di upayakan tampilan baju dan ceritakan koleksi yang ia kenakan dan lebih ampun ketika ia bicarakan harga dan tempat. (jangan di tiru) mungkin intinya jaga penampilan dan gaya yang selalu ia gunakan. inti gue kita harus menjaga koleksi anda agar tidak kotor dan lungset. Kalo tidak di pakai ya di sumbangkan kepada orang yang kurang beruntung. Dengan tujuan menambah eksistensi dalam penampilan tersebut.
Yang ke lima Orang yang popular peduli dengan kegiatan social. Hal semacam ini artis pun sengaja mengadakan kegiatan social yang tujuan untuk mencapai nilai iman dan mencintai yatim piatu. Kalo di sinetron-sinetron itu bangkal sulit banget sedangkan kalo ada di luar sinetron baru ia ikhlas dalam mengadakan acara yang sengaja mengundang yatim piatu. Agama akan di nilai jika popular akan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa. Dan tatkala pula menjaga soldaritas kepedulian terhadap kemanusiaan berdasarkan pancasila.
Yang terakhir Orang yang popular selalu interaksi dengan orang biasa. Yang belum pernah ia mandang ketika artis berinteraksi dengan orang biasa. Artis akan menyampaikan inspirasi dan motivasi melalui kalimat ia sendiri berdasarkan pengalaman pribadi artis. Dan jangan lupa sering sosialisasi dengan artis ke orang biasa supaya lebih akrab bukan dengan pergaulan biasa-biasa saja. Intinya gue adalah kita selalu menjaga interaksi dengan artis yang maksud untuk melindungi dari kejadian yang kita alami.
Itulah perbedaan orang biasa dengan orang popular. Jadi kesimpulan yang kita bahas hari ini bahwa di lihat dulu kebiasaan antara orang biasa yang kau lakukan dengan orang popular. Ada ketentuan yang harus di jaga.
1.      Menjaga lisan.
2.      Melindungi kesejahteraan social
3.      Menjaga eksistensi dengan kemampuan seseorang
4.      Selalu kerja keras tanpa lembur
5.      Tekadkan impian yang kita raih.
6.      Jangan menjadi sia-sia.
Orang biasa dan Populer boleh saja asal kita memperhatikan sikap dan perbuatan mereka agar tidak salah faham. Dan kalo ingin meneliti orang maka kita di nilai kebiasaan manusia tersebut. Itulah gue tulis perbedaan orang biasa dan orang popular dengan riset itu sendiri. Semoga bisa mendapatkan pelajaran hari ini menjadikan kekuatan yang engkau lakukan. Tumbuhkan kebiasaan penting itu mulai sekarang. Dan jangan bermalas-malas tetap berusaha dan berdoa. Yang terpenting boleh saja asal gambarkan tokoh yang ia idolakan. Ya atau nggak hanya langit dan bumi yang menciptakan suasananya yang lebih baik.




-M Ivan Aulia Rokhman-

No comments:

Post a Comment

Pemuda Pulang Kampung walau Orang Tua Tiada

Pemuda itu berjalan, langkahnya berat dan lesu, Di kota besar, dia mencari pekerjaan, namun tak kunjung berhasil, Hatinya penuh kekecewaan, ...