Wednesday 4 May 2016

Mengapa Iklan Ramadhan Sebagai Inspirasi Dan Bermakna?

Baru-baru ini ada iklan ramadhan yang siap mengguncang di TV. Sebenarnya ramadhan tinggal beberapa bulan lagi. Kenyataan iklan ramadhan yang di iklankan di TV ternyata banyak hikmah dan pelajaran yang di petik. Tidak hanya itu ada program ramadhan yang sangat patut di perhatikan. Hati-hati ketika ramadhan para masyarakat harus menjalani puasa dan jangan sampai ada yang sesuatu yang merusak moral dalam aqidahnya. Bagiku iklan ramadhan ini khusus untuk menambahkan semangat dan memperoleh inspirasi di bulan suci yang barokah. Tetapi amalan harus jalankan.

Tahukah anda nonton Iklan Marjan? Kemungkinan iklan marjan ini jarang di temui pada waktu tertentu. Akhirnya ia mengambil kisah inspiratif dalam sebuah iklan marjan. Tidak hanya itu melainkan ada iklan bank dan lainnya juga mengolah konsep kisah inspiratif.

Ngomong iklan inspiratif dan bermakna sebenarnya karena ada sebuah cerita yang mengandung drama dan juga sebagai pengantar pada bulan ramadhan. Apa saja poin-poin yang harus kalian fikiran saat menayangkan iklan ramadhan yang inspiratif dan bermakna.

1. Sebagai promosi
Iklan ramadhan di tv tentu banyak ajakan dan juga mengolah sumber inspiratif untuk mempromosi apa saja yang anda buat. Sejujurnya program dan iklan sebenarnya berbeda. Dari program ramadhan tentu menayangkan jam tertentu saat ramadhan berlangsung. Bila masuk idul fitri iklan yang di tayangkan lebih beda dengan ramadhan. Sedangkan iklan itu menayangkan bagaimana iklan ini lebih melekat dan mengambil inspirasi. Apapun pentingnya keduanya boleh asal waktu puasa harus dimanfaatkannya. Hal ini agar iklan ini perlu berkontribusi dalam kebaikan. Oleh sebab itu jangan sampai puasa ramadhan hanya tersimpang kebiasaan aqidah manusia.

2. Kisah inspiratif
Di iklan ini ada sebuah kisah inspiratif yang sekiranya menceritakan tentang kehidupan di tengah berusaha dan keberanian. Di samping itu ada konflik yang ringan tapi sedikit menyambung di episode berikutnya. Kemungkinan besar syuting iklan ini lebih awal yang perkira sedikit menyampaikan pesan yang di inginkan namun mengambil petik dari sini. Kebanyakan iklan ini semuanya berkonsep kisah inspiratif. Apakah iklan ramadhan cukup menarik? Jawaban yang lebih banyak adalah iklan yang bersifat kebersamaan dan kehormatan pada orang yang tua. Yang penting iklan ramadhan menjadi lekat dalam batin serta menyampaikan pesan moral yang kalian iklankan.

3. Iklan Ramadhan sebagai memberi konitmen dan keserasian
Iklan Ramadhan ini juga sebagai memberikan harga diri bagi menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya iklan yang mempunyai nilai maka yang lakukan yaitu bisa melalui komunikasi satu atau dua arah. Sinergi dalam iklan bagaikan pesan ramadhan yang singkat, padat dan islami.

4. Waktu dalam menayangkan iklan
Iklan ini enak di fahami penonton. Yang lebih efesien yakni saat sebelum ramadhan dan lebaran. Jadi kemungkinan jika waktu iklan hanya sebulan ramadhan dan yang pertimbangkan adalah mengapa iklan yang terjadi pada sebelum ramadhan dan lebaran? Karena pihak produksi pembuatan iklan harus mengerjakan proyek selama sebulan atau lebih lama agar tidak terjadi masalah dalam pembuatan iklan. Apapun proses pembuatan hanya proses adegan dan scene dalam video singkat.

5. Pembekalan hidup
Iklan ini juga sebagai bekal menuju surga. Dengan cara melakukan suatu pekerjaan dan juga memperoleh usaha yang di miliki. Hanya saja iklan ini cukup membuat anda perubahan hati secara spensifik. Sebuah iklan ramadhan tentu meraih lomba dalam kebaikan. Mungkin lupa dengan iklan yang satu ini. Isinya mengenai para bapak sebagai pelayanan surat ramah dalam mengirim surat dari warga sekitar. Kenyataaannya para si kaya yang mengasihkan surat hanya semacam tidak penting dan akhirnya bapak bersama satpam terasa kecewa atas surat yang di terima. Padahal sudah merasakan usaha melayani surat dari pihak pos tersebut. Tak terduga sepulang dari kerja Bapak tersebut merasa kaget setelah kejadian sebelumnya. Keesokan harinya Bapak bersaha mencari hati yang bersih untuk bekerja. Jadi hikmah yang di ambil adalah seapapun usahanya akan mendapatkan ridho dari allah dari segala cobaan. Intinya adalah iklan ramadhan sebagai bahan cobaan terhadap manusia senantiasa mempunyai tertarik pada isi iklan yang singkat.

6. Iklan menjadi kebersamaan dan pola fikir secara kuat
Iklan ini justru memiliki pedoman petunjuk untuk merangkai kebersamaan dimana management manusia akan menikmati iklan yang di saksikan. Sebebas apapun akan menjadi suatu pencapaian.
7. Iklan juga memenuhi kewajiban dan mengoptimalkan pesan moral.
Cara ini cukup sederhana. Sulitnya bagaimana bisa iklan ramadhan secara kesambungan antar penonton. Jangan lupa jalani aktivitas secara nyata bukan dimensi tv. Nggak boleh menghina tv melainkan hargai saja iklan walaupun ramadhan berlangsung. Pesan moral juga begitu simpulkan iklan yang sudah ditayangkan. Cermati dan amati iklan itu.

Itulah poin-poin antara iklan ramadhan dengan iklan biasa. Semoga bisa memperkaya edukasi. Dan juga mencerdaskan bangsa. Tidak hanya berhenti sampai di situ. Kembangkan iklan dengan konsep yang berbeda. Apapun terjadi bertindaklah.

Surabaya, 4 Mei 2016

No comments:

Post a Comment

Pemuda Pulang Kampung walau Orang Tua Tiada

Pemuda itu berjalan, langkahnya berat dan lesu, Di kota besar, dia mencari pekerjaan, namun tak kunjung berhasil, Hatinya penuh kekecewaan, ...