Sunday 1 May 2016

Menulis Kreatif versi Poseidon 2016


Menulis Kreatif versi Poseidon 2016

Seminar Poseidon 2016 adalah seminar yang berhubungan dengan teknik menulis kreatif oleh penulis di Indonesia. Agenda ini di adakan setiap tahun oleh penyelenggara Gerakan ITS Menulis mulai dari Lomba menulis surat untuk rektorat, Lomba menulis Cerpen, Lomba menulis puisi, Workshop bengkel menulis hingga berujung pada puncak yakni Popular Writing Seminar of Indonesia atau di singkat POSEIDON. Kali ini narasumber yang kita datangkan dari berbagai daerah. Pertama Dhahana Adi atau di sapa Mas Ipunk, beliau penulis Surabaya Punya Cerita volume 1 & 2. Kedua Bernard Batubara atau di sapa Mas Benzbara, ia penulis Radio galau FM, Cinta, dan Kata Hati. Dan yang terakhir Faza Meonk penulis komik #BeraniBeda dan #BeraniGagal. Tempatnya di Gedung Pascasarjana lantai 3.

            Peserta Poseidon ini cukup rame karena meriahkan agenda kepenulisan dalam penutupan rangkaian gerakan ITS Menulis. Dari materi tersebut ternyata cukup menginspirasi dari berbagai tokoh. Sebagaian materi pertama yang pertama tentu cukup berkesan dan berpengalaman dari kota Surabaya. Artinya hampir itu Surabaya dari dulu tentu mewariskan toko dan arsitektur dengan penuh kokoh dan tak terlupakan oleh sejarah. Sedangkan Mas Benzbara dalam memberikan materi sekiranya lebih unik dan terkenal dalam menulis kata yang lembut. Bagiku cara kepenulisan dalam sebuah cerita tentu di perhatikan oleh para pembaca.

            Janganlah membaca sebagai tulisan yang membosankan melainkan buatlah anda menghibur atau menemani cerita yang sekiranya penuh action. Anda sebagai penulis tentu memperhatikan tulisan begitu berati dan membaca mudah diserap terhadap cerita yang indah. Kenyataan para membaca buku novel dan cerpen merasa bosan. Akibatnya menulis terlalu berlebihan akan menjadi sulit dalam menata kata dan konflik.

            Yang lebih menarik Faza Meonk sang komikus bahwa manusia modern dalam kebiasaan akan rasakan bagikan menumbuhkan akar entertainment. Sebenarnya menulis kreatif yang lakukan bermula dari benak fikiran anda. Sebagaian kegiatan seminar kepenulisan dari teknik atau jurusan lainnya tentu ada tips dan trik membuat tulisan yang indah. Apa saja menulis kreatif agar bisa mengembangkan passion dalam penulis. Apa saja cara mengolah menulis kreatif :

1.      Memulai Menulis

Niatkan diri untuk jadi penulis. Tuliskan tujuan dan alasan memilih untuk penulis. Mengapa demikian? Karena menulis itu mengolah keterampilan dari pena ke pena. Perlu kita ketahui bahwa jadikan hati dan fikiran akan memulai menulis untuk meraih passion yang kuat. Kuatkan niat dan jadilah penulis yang berpengalaman.

2.      Mencari ide

Tentu setiap manusia pasti punya dalam menentukan ide atau gagasan dalam menuangkan karya dalam sebuah cerita baik novel, cerita pendek, maupun puisi. Lampu menyala serupa dengan membangun sadar apalagi dengan kekuatan kita. Jadi selain itu ide bisa layani kapan saja dan dimana saja asal ada membangun karakter dalam sebuah kata baik menata maupun merangkai kata yang benar sesuai kemampuan. Penulis kebanyakan ia setiap hari menuliskan cerita. bahkan ia percaya diri cerita apapun pasti membawa hasil tanpa menghawatirkan waktu dan tenaga. Kemungkinan besar ide ini akan semakin mengembang jika punya ide sebagus itu.

3.      Memperkarya referensi

-baca buku

-nonton film

-main games

-baca Koran

-baca artikel, DLL

*Break a Habbit

Hilangkan kebiasaan lama

*Meeting (New) people

*mencari kegelisahan

4.      Premis

Sebuah kalimat dari keseluruhan cerita yang hanya satu kalimat.

*Menciptakan karakter

Anda perlu menciptakan karakter dengan deskripsi dan kelebihan dan kekurangan dalam sebuah tokoh cerita.

5.      Membangun sebuah cerita

Struktur 3 babak

Intro -> main act -> Conclusion

Intro

-Set Up

-Trigger

-Keraguan

-prepare for new adventure



è Main act

-First Conflict

-Fake Victory

-Main Conflict

-Crisis



è Conclusion

-Ressurection

-Twist (Membangun kaget dalam pembaca)

-Conclusion



“Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

-Pramoedya Ananta Toer-



+Social media dipercaya sebagai kanal baru dalam komunikasi

Maksundnya social media ini digunakan untuk memperkaya interaksi antar satu sama lain. Kebanyakan masyarat sudah sadar kebiasaan gila internet sebagai alternative mengisi hari daripada isi yang tidak mengandung manfaat.

-Sosial media bisa digunakan untuk mengomunikasikan satu arah atau dua arah.

Jadi social media bisa komunikasi dalam jarak dekat dan jauh. Kebiasaan yang dilakukan ketika teman yang melakukan perjalanan jauh yaitu hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR).

Kuncinya adalah bagaimana kita mendengar dan merespon.

Tentu saja dengan Konten

Konten yang tidak sekedar menjadikan anda pusat perhatian.

Sebuah tulisan harus memiliki tujuan yang kuat.



Cari masalah dalam kepenulisan

Jadi masalah yang hadapi oleh seorang penulis tentu yang namanya hambatan pasti kena kebiasaan buntu maupun yang sekarang. Belum mengaku bahwa manusia punya kebiasaan yang berbeda-beda. Seringkali kebiasaan menulis hanya sekadar bermain dan juga melihat sebuah gengsi. Bagiku hal ini bisa merusak dalam perkembangan ide dan juga lembar imaginasi semakin menghilang.



Tanpa rasanya jika menulis mempunyai perencanaan dan juga punya kemampuan mandiri terhadap suatu karya tulisan. Intinya hanya satu. Jadilah tulisan ini menjadi sebuah catatan untuk mengolah pengetahuan dan sebuah menerima informasi dari media apapun. Kuatkan passion penulis dan jadilah penulis sebebas mungkin bisa menambah edukasi dan wawasan bagi kita.

Tulislah apa yang kamu suka dan berusaha serta berdoa.
Surabaya, 30 April 2016

1 comment:

Pemuda Pulang Kampung walau Orang Tua Tiada

Pemuda itu berjalan, langkahnya berat dan lesu, Di kota besar, dia mencari pekerjaan, namun tak kunjung berhasil, Hatinya penuh kekecewaan, ...