Friday 22 April 2016

Cara meraih passion dalam Penulis.

Cara meraih passion dalam penulis.

Menulis itu keterampilan. Hukumnya wajib kerjakan. Kadang para tokoh sering menuangkan ide dalam kepenulisan. Tulislah apa saja yang kalian suka asal gaya bahasa yang begitu detail dan benar benar berani. Sering kali banyak berpendapat bahwa menulis sebagai bakat yang penuh indah dalam goresan pena. Ada ada saja menulis punya inspirasi. Buat kalian jadi penulis perlu ada passion. Apa itu passion? Menurut Pak Misbachul Huda "Passion adalah suatu usaha yang kerjakan selalu tak akan lelah oleh sebuah tenaga." Passion dalam menulis itu sebagai pekerjaan yang tak kenal lelah. Jadi saya punya tips dan trik cara meraih passion dalam menulis versi berbagai penulis yang penuh santai dan bermakna.

1. Niat
Soal niat dalam menulis diperhatikan oleh hati yang selalu ingin menulis. Para pemuda merasa punya keinginan untuk seorang penulis. Coba anda menuliskan apa saja yang berhubungan dengan niat dan tujuan untuk jadi penulis. Sebenarnya menulis itu gampang tanpa merasa malas dari suatu kegiatan. Bagaimana menulis walau di tengah kesibukan? Jawaban yang lebih enak adalah tetap menulis di mana saja serta kapan saja. Kalo puasa boleh saja asal passion tetap terjaga. Karena niat jadi penulis untuk meraih titik tujuan yang sebenarnya.

2. Bikin kerangka atau Mindmapping
Bikin judul dari suatu buku tentu masih mudah dilakukan. Bedanya cara menulis kerangka dengan menata kata dan fikiran yang sekiranya menjadi suatu ilmiah atau bisa bikin peta konsep atau di sebut mind mapping. Cara menulis peta konsep nggak masalah asal bikin kreatif seingin mungkin tidak seperti pelajaran di sekolah dan mata kuliah. Jika sudah jadi tinggal kembangkan saja nggak usah bingung. Cara membuat kerangka dari judul atau peta konsep manfaat untuk merangkai ide dari berbagai tulisan yang sekiranya lakukan. Proses demi proses akan menjadi buku. Ada yang bilang "sedikit sedikit lama lama jadi bukit" di ubah menjadi "sedikit sedikit lama-lama jadi buku".

3. Menulis sebagai mengobati rasa malas
Menulis setiap hari menjadi suatu kebiasaan dalam beraktivitas. Menulis tidak hanya memperoleh ilmu melainkan menulis bisa merangkai imaginasi dalam suatu karya. Tentu saja membuat tulisan menjadi bermanfaat dan bermakna. Pasti menumbuhkan karya menjadi suatu apresiasi dalam suatu catatan. Tak akan lupa oleh waktu. Intinya menulis untuk mengobati rasa malas. Gimana caranya? Coba anda menuliskan satu tulisan ke dalam hp atau buku kosong. Saat ini zaman teknologi mulai berkembang. Menulis status media sosial iti biasa. Lebih enak menurut bang Tere Liye "Manusia modern sudah menulis seribu kata perhari." Bayangkan dan rasakan tulisan seribu kata perhari menjadi kebiasaan yang bermanfaat.

4. Interaksi dengan Sahabat Penulis
Dekati penulis yang terkenal biar kalian bisa tirukan seperti penulis teladan. Jadi bergaul dengan teman penulis yang dimana saja. Ngomongnya bebas asal nalarnya perlu di asah. Di Mana-mana ada seminar dan workshop yang terkait dengan kepenulisan. Fikiran terus mengalir maka akan menghasilkan suatu gagasan. So banyak cara yang di lakukan saat berinteraksi antar penulis. Selain interaksi silahkan bisa gabung di Komunitas Kepenulisan. Hal ini untuk menumbuhkan energi dan usaha dalam menuliskan sesuatu. Semakin banyak menulis maka semakin banyak catatan yang kita peroleh.

5. Menulis bermula dari membaca buku
Membaca buku adalah jendela dunia. Jendela dunia dalam setiap tulisan bisa saja. Mungkin dari seluruh kehidupan dalam buku tentu akan menemukan imaginasi serta merangkai kata dalam catatan. Anda biasakan sehari baca buku minimal seratus halaman atau baca per bab dalam setiap tulisan. Tujuannya untuk memperoleh gagasan dan ide terhadap suatu bacaan. Dan tidak hanya itu membaca menjadi isi waktu luang dalam sehari. Jangan buku sebagai mainan itu kebiasaan pada usia anak. Sebaiknya pelajari dan fahami buku yang kalian anda baca.

6. Tuangkan air gelas serupa dengan ide dan gagasan.
Ide bisa dapatkan dimana saja. Ada juga gelas isi air menyerupai ide yang mengalir lalu tuangkan dalam suatu catatan. Kemungkinan besar suatu kejadian yang nyata yaitu manfaatkan kualitas dalam tulisan anda dan juga mengoptimalkan cerita dan pengetahuan tersebut. Hal ini terjadi bila punya kreatifitas. Metode kepenulisan menurut penulis tentu sangat mudah. Asalkan tiada teori khusus untuk menjadi penulis. Anda coba tuangkan ide dalam suatu kerangka judul dan mind mapping yang jelaskan sebelumnya.

7. Menulis serupa dengan action
Menulis jadi action bisa. Sebenarnya action dalam menulis dengan berbagai adegan dan melihat kejadian yang pernah rasakan. Jadi action dalam menulis bertujuan untuk memperoleh suatu bakat dan mengukur kemampuan dalam suatu tulisan. Kebanyakan cerpen biasa beradegan konflik dan action yang mengandung pesan dan manfaat. Buat anda yang suka nulis skenario film silahkan asal proses yang jangka waktu terlalu lama. Tetap sabar dan terus menulis.

Itulah cara meraih passion jadi menulis. Jadi apabila cara ini terlalu berguna bagi penulis pemula bisa andalkan. Kembangkan ide dan action dalam menulis agar bisa tercapai dan suatu bermakna bagi nusa dan bangsa

Surabaya, 23 April 2016

No comments:

Post a Comment

Pemuda Pulang Kampung walau Orang Tua Tiada

Pemuda itu berjalan, langkahnya berat dan lesu, Di kota besar, dia mencari pekerjaan, namun tak kunjung berhasil, Hatinya penuh kekecewaan, ...