Ada Apa Dengan Rokhman ? (3)
1.
Pengalaman baru ketika menjenjang
pendidikan kedua yakni SMP
Dimanakah
SMP adalah masa-masa yang berbeda dengan masa dahulu
Merah
putih telah meninggalkan hari dan kini engkau mengenakan putih biru
Tak
di sangka momentum ini adalah pengalaman baru dan seruan bareng
Tidak
mudah mengelola manfaat di sisimu. Maka tidak pengaruh
Pada
masa SD. Ketika memasuki adalah daerah yang suasana hampir beda
Jangan
kira masa SMP sama dengan masa kenakalan remaja
Itulah
sebagai pengalaman baru yang kedua setelah bermain dengan sekolah dasar
Sekarang
ia tidak seperti suasana pada umumnya
Jadi
memang mengasa daya ingat dalam masa pembelajaran
Andaikan
saja aku mengenalkan pada kalian semua bahwa aku lebih berani
Selama
beberapa hari ke depan akan mengikuti semua yang kita mau
Artinya
tidak harus mengenalkan semua melakukan lebih banyak berakrab
Bisa
lebih bermanfaat daripada SD
Suatu
saat nanti aku akan menginjak kaki nama sekolah SMP
Sungguh
aneh tapi nyata tak akan lupakan oleh masa nyata
Makin
santai mempermudahkan kita berilmu dibandingkan dengan bermain bersama
teman-teman mereka
Bila
menjalani kebersamaan akan selalu lebih baik
Jangankah
mengayomi teman sebaya satu persatu
2.
Keesokan harinya aku menjalani hari
pertama di sekolah SMP
Pada
nyatanya masih mengenakan baju sekolah dasar
Ketika
di antar oleh orang tua rasanya melihat pemandangan di jalan raya
Sungguh
eksotis di tambah dengan kehangatan pagi yang cukup cerah
Turun
dari sekolah tak lupa memberi salam pada orang tua
Masih
saja Ayah menjalani kerja di Surabaya
Tak
luput dari pekerjaan yang kita rasakan
Sedangkan
Kakakku masih kuliah walaupun tetap menjalankan semua problematika pada remaja
yaitu bimbingan dan konseling
Sedangkan
adik saya berada di sekolah swasta yang berbasis islam meski nilai agak jeblok
Jadi
semenjak di kelas akan mengenal tata lingkungan serta fasilitas sarana dan
prasarana yang anda gunakan selama berada di lingkungan sekolah
Dua
puluh Sembilan adalah sekolah yang begitu terkenal dengan budaya dan minat
bakat membawa jalan keemasan
Terbilang
cukup popular sambil menunjukkan kreatifitas bakat siswa
Keterampulan
terasa cukup nyaman dan aman di pakai
Tak
kalahasyiknya bermain dengan kawan-kawan lainnya
Hampir
mengenal wajahku maka aku langsung merespon dengan sebaik-baiknya
Jangankan
dirimu terasa lebih berate dan unik dibandingkan sebelumnya
Alangkah
manisnya momentum masih berjalan
3.
Pada umumnya sekolah ini penuh semangat
akan tetapi ia masuk siang ketika masuk sekolah setelah 3 hari menjalankan masa
orientasi di sekolah SMP
Makin
senang atas anugerah yang berikan asalkan tidak sepenuhnay bila waktu terus
bergulir seiring memudahkannya dengan ibadah
Kadang
masalahnya hanya anak-anak yang berkebutuhan khusus
Terlalu
beda karena selalu berbeda dengan tingkah laku dan pola sikap
Tidak
percaya atas melihat sosok yang makin jernih
Jumlahnya
tidak tahu di bandingkan dengan 18 orang
Untuk
mengenalkan satu persatu aku akan ngomong baik saja
‘Siapa
namanya?’ tanyaku dengan baik
‘Fifi!’
jawab Fifi ramah senyum
Cukup
terasa oke
Pada
siang hari para siswa terlebih dahulu
Menjalankan
sholat dzuhur secara berjamaah
Agar
bisa menjalani pelajaran di sekolah lebih baik
Jadi
tak rasanya sesudah sholat berjalan menuju ke kelas
Sampai
di kelas aku mengikuti pelajaran dan penerapan
Ternyata
bisa mencerna dalam kemampuanku dalam belajar
Padahal
tidak bisa membayangkan dalam benahan otak
4.
Siang hari masih berjalan di sekolah
Kali
ini seragam putih biru telah siap dikenakan dan kapan saja ia gunakan
Kemungkinan
saja masih terfokus oleh pelajaran di sekolah SMP dan Guru
Di
sini ada kejadian kesurupan yang menimpa siswa-siswi
Angkatan
lama katanya ketika mengadakan istighosah sebelum ujian nasional
Para
siswa terasakan oleh roh yang merasuki siswa-siswi kita
Apa
yang terjadi ketika siswa-siswi kesurupan?
Akhirnya
ia mengejar siswa-siswi yang begitu panic
Lalu
langsung berlari mencari tempat lindung dari kesurupan
Peristiwa
ini berasal dari pohon yang sudah lama tumbuh
Khawatirnya
para siswa-siswi langsung terkejut
Dan
betapa sadarnya siswa-siswi menjerit sebab persoalan
Di
balik kehidupan yang lebih menganaskan dan
Sampai
saat ini pohon yang terjadi kesurupan masih terungkap misteri
Dan
sungguh nyata bagiku
Andaikan
saja kejadian ini tidak menyangkut siswa-siswi kita
Yang
cukup ekstrim di hadapan tuhan yang maha kuasa
Cerita
ini tidak bersifat ilustrasi melainkan merekam hasil
Pengamatan
kita terhadap aspek kehidupan yang lebih nyata
5.
Ternyata ada pagelaran seni dan bahasa
yang di lakukan oleh siswa-siswi kelas 9
Kegiatan
ini di lakukan setiap bulan Desember
Atau
setelah menempuh ulangan akhir semester
Tujuannya
untuk menilai 3 bahasa yang di ujikan dalam bentuk ujian praktek
Pagelaran
cukup di bilang eksotis dan menyimpan sejuta budaya
Dan
makna dari kisah yang sudah ada
Para
siswa siswi di bawah kelas 9 mengajak untuk menghibur sekaligus mencari sensasi
di balik kesenangan yang menghibur dan nilai manfaat dari pagelaran itu
Sebelum
pagelaran ia memberi kesempatan untuk melatih seni kreatifitas seni melalui
seni tari, seni musik hingga operet (drama)
Kenyataannya
saat pagelaran berlangsung latihan sudah siap dan mampu memperoleh nilai
ujiannya
Pagi
hari mempersiapkan perlengkapan untuk mengenakan kostum yang unik dan menarik
Lalu
para siswa lainnya pada sibuk mengelola mendaftar ulang serta melihat
penampilan dari seni kita
Kadang-kadang
cukup glamour[1]
dalam setiap hiburan
Pagelaran
telah mulai untuk menampilkan sejumlah seni
Yang
kita tampilkan dan hasilnya cukup menyenangkan
Itulah
rangkaian pagelaran yang panjang baik dari waktu maupun tenaga
6.
Sepulang sekolah aku berjalan lalu
menunggu kesempatanku
Kenyataannya
orang tua pada lagi sibuk sedangkan siswa lainnya pada kembali ke Rumah
masing-masing
Entah
menunggu sampai berapa lama angkutan umum datang?
Harus
menghimbau tidak boleh pulang malam
Pada
kejadian itu kita tak cukup untuk mengantarkan dalam waktu singkat
Lihatlah
para orang-orang pada pulang ke rumah masing-masing untuk istirahat fisik
jasmani dan rohani
Sesudah
lama menunggu akhirnya angkutan umum sudah pada datang terus menaikinya lalu
berjalan menuju ke rumahku
Siang
sampai sore telah menolehkan pengalaman yang aku jalani selama ini
Kadang-kadang
di tengah hujan aku nekat aku melawan air yang membasahi tubuh hingga baju yang
telah mengenakannya
Menaiki
angkutan umum kondisi tubuh mengubah menjadi kedinginan bagaikan hujan deras
yang melanda kota Surabaya dan sekaligus memperjuangkan waktu dan meraih asa
Di
Jalan raya pada malam hari cukup sepi seiring sudah terbenamnya matahari maka
aku rela menjalani waktu kosong untuk istirahat fikiranku
7.
Ketika musim ujian nasional telah
menjelang dalam beberapa hari
Ada
guru yang telah mengejutkan kami yang membutuhkan
Proses
belajar yang begitu khusus untuk aku
Tanpa
berfikir panjang aku mengikuti guru yang telah di siapkan materi pelajaran
Tanpa
meragukan lagi belajar materi ujian nasional telah mulai
Bu
Tary yang berpegang teguh kepadaku sebagai murid
Bu
Ilmi juga memperoleh asa pada segi islami
Ketika
belajar aku lebih memfokuskan gaya bahasa beliau
Begitu
juga Bu Ilmi memang cara mengajar lebih gampang atau mudah
Kadang-kadang
setiap pembelajaran menjelang ujian nasional
Aku
tidak memperbolehkan kembali ke kelas sampai waktu yang telah di tentukan
Takutnya
jika kembali ke kelas maka akan mendalami pelajaran yang pernah kita pelajari
Tidak
membuat bahagia oleh 2 sosok yang pribadi yang tangguh dan handal
Seperti
itu kebiasaan murid dan guru yang berada di ruang sumber
Katanya
sosok ini masih menempuh kuliah di UNESA
Semester
8 jurusan Pendidikan Luar Biasa[2]
Sebuah
jurusan yang menggambarkan tentang kasus menyandang disabilitas
Tak
begitu juga kita harus menghargai beliau sebagaimana amanahnya masih di taati
oleh diri sendiri
8.
Setelah 3 bulan kini dua orang perempuan
pahlawan harus terpisah dari seni
Sebelumnya
ia menyempatkan diri untuk menulis deskripsi cita-cita kalian yang aku rasakan
ketika dewasa nanti
Hanya
Bu Ilmi yang memimpin murid jago menghibur serta menemani
Di
saat menuliskan
Banyak
canda tawa yang tidak berhenti di sini
Belakangan
ini aku masih tercurhatkan oleh guruku
Bu
Tary Can yang tempat tinggalnya di Gresik sedangkan
Bu
Ilmi harus menjalani tugas berikutnya selain mengajar
Tak
lama lagi sampai kapan engkau bertemu lagi?
Tidak
bisa tentukan waktu sebab itu hari telah berlalu dan kini telah berpisah di
sini selamanya hingga tak bisa terjadi selamanya
Jadi
jangan banyak bergurau sebelum banyak terambisi oleh murid serta menguatkan
kokoh bila sudah mengisi ilmu dasar dan penerapan sehari-hari sampai tidak
menekuni dunia yang lebih berbeda dengan sebelumnya
Bahkan
tidak semudah itu terlampui bersama
Bu
Guru telah menginspirasi dari apa yang telah capai
Hanya
tuhan atas segala apa yang telah ku lakukan
Selamat
berjuang Bu Tary dan Bu Ilmi
9.
Seolah-olah ambisi telah berakhir di
sini
Saudara
kita yang berpisah di jalan yang berbeda dengan yang lain
Kadang
aku tak luput dari kebersamaan serta canda tawa
Memori
akan di cerna lagi oleh segala aspek kehidupan
Lautan
melayang ke darat dengan begitu cepar sekali
Sinergi
air dan api menghantamkan kesedihan dan menemani kini ku abaikan oleh selapis
tisu impian
Tidak
berhenti dari ilmu dan kegunaan oleh banyak orang bahwa keinginan pasti
tercapai
Tidak
semudah oleh keinginan yang menghidupkan hati yang teras jernih dan penuh
bersinar terang
Ibu
telah mengorbankan anak menuntut ilmu
Hingga
prestasi yang telah ku ukir
bersama selama ini
Dimanakah jalan yang ia hadapi di masa yang akan datang
Berdoa kepada allah sehingga engkau memberi jalan yang
terang dari segala kegelapan yang menimpa-Mu
Cobalah anda tinggalkan sekolah kedua dan lebih baik
Kita menempuh ke jalan yang berbeda dengan biasanya
Keraguan akan menghasilakn banyak mimpi dan impian
Bintang akan selalu bersamaku hingga kini
10. Sebelum berpisah teman-teman kelas 9 beri kesempatan untuk
jalan-jalan ke Sidoarjo untuk berbagi cita-cita di sana
Di perjalan sahabatku lebih akrab sebelumnya
Tak menyadari aku bisa mengajak sama kalangan angkatan
kita
Pak Sardikun lagi berhalangan namun tetap percaya bahwa
persahabatan mengikat tali silahturahmi antar seasam dan memperkuat ukhuwah
antar teman dan guru secara tersambung
Sampai di tempat ia bersama masuk di Wisata Kolam Renang
Sebelum masuk ia rela antri demi pintu masuk secara
gratis
Andini sudah meluangkan waktu kosong untuk kegiatan
perpisahan di tempat kebersamaan sebelum melangkahkan kaki kita di jalan yang
lebih berbeda
Tujuan yang engkau berikan manfaat diri sisi kebaikan
dalam memperkuat persaudaraan
Selain itu anak-anak lebih senang atas mengoordinasi
antar satu sama lain
Alangkah baiknya Aku dan sahabat selalu foto bersama
untuk bukti kenangan dari keluarga kelas kita dan sebelum kita berenang
Inilah air motivasi memasuki air surga yakni berenang
sebebas mungkin
Itulah apa yang kita bersama selama 3 tahun di sini
hingga berhunjung kesatuan keluarga kita
11. Memasuki masa SMA
Dimanakah aku melangkahkan kaki setelah teman lama telah
di tinggalkan selama ini
Masuk di sekolah baru aku terdiam tanpa obrolan sedikit
pun
Tanpa berlama-lama ia mencari kelompok gugus ini
Aku harus menemukan kelompok gugus yang telah di sediakan
Tidak tahu sebenarnya terjadi hingga lainnya pada bingung
Guru mengarahkan siswa tanpa menanyakan ruangan
Tentu saja aku menemukan kelompok gugus di ruangan
Tentu saja aku menemukan kelompok gugus di ruangan
Kelompok 7 dekat dengan lokasi masjid sekolah
Sepertinya di Sekolah lebih nyaman dari yang sebelumnya
Aku terdiam sebab lainnya berasal dari sekolah yang
berbeda
Tanpa berangsur panjang para siswa MOS berkumpul di
lapangan sekolah
Para senior mengenakan jas coklat dan jas biru sebagai
tanda pengawal bagi adek kelas yang tidak tahu arti dari masa SMA kita
Tidak kasat mata, para siswa MOS dan guru melatihku untuk
disiplin serta menjaga keharmonisan di Sekolah yang di cintai dan di sayangi
Pak Syukron menyatakan bahwa kalian akan mengenal masa
belajar di sekolah dan juga mempermudah dalam belajar selama 3 tahun
12. Masih cerita dengan masa SMA
setelah upacara selesai
seluruh siswa MOS kembali di tempat dengan menerapkan 3S
Salam, Senyum, hingga Sapa
Kepada guru dan para senior
Padahal bingung sebenarnya bagaimana bisa terjadi?
Mungkin karena kita lebih di andalkan mengatakan kata
singkat pada mereka
Kembali ke kelompok kemundian ada kesalahan dalam
menentukan kelompok
Aku terpaksa bergabung dengan kelompok 15 dan 16 atau
menyebutnya kelompok Sphinx dan Menara Tokyo
Tempat engkau meraih kebahagiaan
Betapa mengejutkan dengan aku serta mempengaruhi sahabat
Senior ramah ini memperkenalkan diri dengan sejujurnya
‘Hallo semuanya, namaku Ivan Aulia dari SMPN 29 Surabaya’
‘Oh ya salam kenal Ivan Aulia; jawab teman selalu faham
sambil tersenyum
Senior juga mendukungku sebagai murid terbaik dalam
mengapresiasi pada pengalaman dan literasiku
Menulis dan membaca adalah kebiasaan utama seorang
pelajar
Senior galak telah datang dan mengerjakan petunjuk dengan
sangat cepat
Kasihan ada yang nggak dengar saat mendiktekan tugasnya
Sedangkan senior senyuman memberikan tanggapan pada adik
kelas
Hari ini menjadikan suasana yang lebih tragis
13. Bagaikan waktu terus bergulir para siswi terus menjalani
tugas dari senior yaitu membuat kreatifitas sebebas mungkin
Namun diberi waktu yang sempit
Melainkan saat ini paling mengerikan serta mengecamkan
atas urusannya
Setiap manusia pasti punya masalah yang berbeda-beda
Mari kita lakukan demi kebersamaan
Karena suasana lebih abstrak maka aku mengondisikan
kelompoknya yang sedang jalani tugas utama seorang pelajar SMA
Keesokan harinya ia sanggup menjalani tugasnya
Sudah beres dan bersiap-siap untuk keesokan harinya
Himbaukan diri untuk memperoleh kebahagiaan atas
perlakukan yang di jalankan sampai saat ini
Pagi hari kembali ke sekolah tetap meraih kebahagiaan
kedua namun senior galak datang dan menguji kreatifitas itu
Ternyata dari standarnya itu hanya sedikit kekurangan
Yaitu kelebihan dari ketentuan yang ada
Hasilnya tidak kerjasama karena peralatan itu mendesak
dan tidak meminta tolong sejak awal dan apa dayanya
Kerja hanya setengah-setengah untuk hidup di sekolah
SMA penuh beranikah ekspresi jiwa pemuda
14. Seolah-olah 3 hari telah berlalu para senior telah
membubarkan di sini dan tetap tinggal di Sekolah sini
Jadi apapun terjadi ambil dari hati
Jangan berakhir di sini sebab pelajar SMA butuh berani
dan jangan bertingkah seperti anak menengah pertama
Dan cariah cara untuk mengambil resiko saat engkau
belajar
Samping itu adek kelas dan senior telah melewati bersama
Sebelumnya ia rela mengerjakan test IQ serta minat yang
kalian kuasai
Inilah adalah mengukur kemampuan dan minat seorang
pelajar SMA
Artinya semua ini menghandalkanmu demi keberhasilan
seorang public
Tidak
tersangka angina meniup kesegaran dalam mengerjakan soal
Aku
berfikir sejujurnya belum bisa di andalkan
Bukan
menggambarkan dengan kebersamaan dalam drama
Tidak
tahu salahnya dimana dan bagaimana nasibku di sekolah SMA ini?
Tahun
ini proses pengenalan karakter telah berakhir
Sekarang
ini para adik kelas di perbolehkan pulang dan siapkan mulai esok
Pada
prinsipnya sekolah SMA identic dengan masa serupa dengan kisah nyata yang kita
jalani nanti
Kisah
nyata teramat suram
Saat
memasuki kelas semua siswa lebih terkejut dan jalankan penuh ketulusan
15.
Masa SMA masih berlanjut
Selama
beberapa tahun yang telah ku gapai dan ujungnya di saat pelajaran kadang Terasa
salah dan berkeluh kesah dalam menjalani masa sekolah
Optimalkan
kelemahan dan suasana lebih lemah apalagi dengan tugas dan keterampilan yang
kurang memuaskan
Di
saat kelas 2 SMA ia mengubah emosi menjadi suasana yang di selilingi obrolan
dan canda tawa yang menghiburku
Syukuri
apa yang telah ada
Dan
mengetahui bahwa rasa syukur itu memberikan cobaan dan syafaat kepada tuhan
yang maha esa
Sungguh
tidak bisa berhenti dari hati yang ku sungguhkan
Makanya
aku mencari organisasi yang lebih baik dari masa sekolah
Berkat
komunitas Forum Lingkar Pena Surabaya
Tempatku
untuk menuntut ilmu sastra
Cerita
ini mengangkat jadi kebaikan yang kita masuk akan terasa berbeda dari
sebelumnya
Tidak
menyangka teman-teman ini banyak mengorbankan waktu dan tenaga hanya bersmaan
dengan impian dan cita-cita terus ku pegang
Berjalan
mendaki gunung itu
Berkat
jalan kaki menempuh jarak jauh demi melangkahkan pandangan dan ku sebut namamu
Jadi
sampailah di gunung lalu melihat alam yang penuh segar
Renungkian
apa yang selama ini membawa perjalanan penuh tenang
Semoga
sastra membawa kita ke jalan yang lurus
Surabaya,
15 Juni 2016
[2]
pembelajaran yang dirancang
untuk merespon atau memenuhi kebutuhan anak dengan karakteristik yang unik dan
tidak dapat dipenuhi oleh kurikulum sekolah yang standar (biasa).
No comments:
Post a Comment